Jumat, 18 November 2011

manusia, sosial dan teknologi


Tugas makalah : ISBD

MANUSIA, SOSIAL DAN TEKNOLOGI

logo unisa
        Disusun oleh :
Nama:
Ahmadias
(10.661.010)
        


UNIVERSITAS ALKHAIRAAT PALU
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
2010/2011

KATA PENGANTAR

imagesw.jpeg
Alhamdulillah, Puji dan syukur kehadirat Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmu sosial budaya dasar yang berjudul “MANUSIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI ini tepat pada waktu yang telah ditentukan. Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi salah  satu tugas mata kuliah ilmu sosial budaya dasar yang diberikan oleh dosen pengampu.
Makalah ini kami susun berdasarkan data-data yang kami peroleh dari media elektronik yaitu internet dan juga buku-buku yang berhubungan dengan materi tersebut.
 Kami menyadari bahwa makalah yang kami susun ini masih jauh dari kata kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi perbaikan makalah ini.
Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini. Akhir kata, Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya.
          


Penyusun

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………..i
DAFTAR ISI…………………………………………………………...………….ii
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………1
A.    LATAR BELAKANG……………………………………………………..1
B.     RUMUSAN MASALAH……………………………………………….….2
C.     TUJUAN MAKALAH………………………………………………….….2
D.    KEGUNAAN MAKALAH…………………………………………….….2
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………….………….…3
A.    MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL………………… ……..…3
B.     KEDUDUKAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL ………..4
C.     PENGERTIAN TEKNOLOGI………………………….………… ……..4
1.      TEKNOLOGI SEBAGAI BARANG BUATAN MANUSIA …..5
2.      TEKNOLOGI SEBAGAI KEGIATAN MANUSIA…………….6
3.      TEKNOLOGI SEBAGAI KUMPULAN PENGETAHUAN……7
D.    PERANAN TEKNOLOGI BAGI MANUSIA………………………...…7
E.     HUBUNGAN MANUSIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI………... .…....8
BAB III PENUTUP…………………………………………………………. …....11
A.    KESIMPULAN…………………………………………………… ………11
B.     SARAN………………………………………………………………… ....12
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………… ..…13


BAB1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Manusia adalah mahkluk yang tidak dapat hidup dengan sendiri. Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makluk social yang saling membutuhkan satu sama lain. Didalam kehidupanya manusia memiliki keinginan untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Hal ini merupakan salah satu kodrat manusia yang selalu ingin berhubungan dengan manusia lain.
Setiap manusia selama hidup pasti mengalami perubahan-perubahan. Perubahan dapat berupa perubahan yang tidak menarik dalam arti kurang mecolok. Ada pula perubahan-perubahan yang pengaruhnya terbatas maupun yang luas, serta ada pula perubahan-perubahan yang lambat sekali, akan tetapi adajuga yang berjalan dengan cepat. Perubahan-perubahan hanya dapat diketemukan oleh seseorang yang sempat meneliti susunan dan kehidupan suatu masyarakat pada suatu waktu dan membandingkannya dengan susunan dan kehidupan masyarakat pada waktu yang lampau. Perubahan masyarakat dapat mengenai nilai-nilai social, norma-norma social, pola-pola perilaku organisasi, susunan kelembagaan masyarakat, kekuasan dan wewenang, interaksi social dan sebagainya.
Dan di jaman sekarang ini perubahan-perubahan tadi telah amat tampak dan telah mengalami perkembangan pesat terutama dalam bidang teknologi. Peralatan-peralatan yang canggih mulai berhasil diciptakan. Mulai dari sekedar konsep telepon genggam yang awalnya sangat besar hingga telepon genggam yang memiliki fitur maksimal. Belum lagi ditambah dengan pengembangan robot yang merajalela hingga sekarang.


B.     Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apa alasan manusia dikatakan sebagai makhluk social?
2.      Factor-faktor apa saja yang mendasari terjadinya interaksi social?
3.      Media ( agen ) sosialisasi apa saja yang menjadi wahana di mana individu akan mengalami sosialisasi untuk mempersiapakan dirinya masuk ke dalam masyarakat sepenuhnya?
4.      Bagaimana teknologi yang semakin berkembang di zaman sekarang?

C.    Tujuan makalah
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah ISBD yang diberikan oleh dosen pengampu
2.      Makalah ini ditulis agar penulis dan pembaca mampu mempelajari tentang manusia sebagai makhluk social dengan semakin berkembangnya teknologi

D.    Kegunaan makalah
Makalah ini disusun dengan harapan memberikan kegunaan dan manfaat bagi:
1.      Penulis, sebagai wahana penambahan pengetahuan dan konsep keilmuan khususnya manusia sebagai makhluk sosial dengan semakin berkembangnya teknologi
2.      Pembaca, sebagai media informasi tentang manusia sebagai makhluk sosial dengan semakin berkembangnya teknologi


BAB II
PEMBAHASAN

MANUSIA SOSIAL DAN TEKNOLOGI


A.    MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk social atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk social, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirimya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk social, juga karena pada diri manusia ada dorongan atau kebutuhan untuk berhubunga ( interaksi ) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bias hidup sebagai manusia kalau tidak hidup ditengah-tengah manusia.
Tanpa bantuan manusia lainnya , manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiannya.
Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk social, karena beberapa alasan yaitu:
a.       Manusia tunduk pada aturan, norma sosial
b.      Perilaku manusia mengharapkan suatu penilain dari orang lain
c.       Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
d.      Potensi manusia akan berkembang bila dia hidup ditengah-tengah manusia

B.     KEDUDUKAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL
Kedudukan manusia sebagai makhluk social artinya manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain, dari lahir sampai mati juga tetap memerlukan bantuan dari orang lain ( tidak terbatas pada keluarga/saudara/teman ) karena itu manusia diciptakan berpasangan dan berbeda-beda untuk saling melengkapi dan tolong- menolong.

C.    PENGERTIAN TEKNOLOGI
Teknologi bagi kita merupakan pengetahuan terhadap penggunaan alat dan kerajinan, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan alamnya.
Kata teknologi berasal dari bahasa yunani technologia – TECHNE, “kerajinan” dan LOGIA, studi tentang sesuatu, atau cabang pengetahuan dari sesuatu disiplin. Teknologi juga dapat diartikan benda-benda yang berguna bagi manusia, seperti mesin, tetapi dapat juga mencakup hal yang lebih luas, termasuk system, metode organisasi, dan teknik.
Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekitarnya dalam beberapa cara. Dalam masyarakat, teknologi telah membatu mengembangkan ekonomi yang lebih maju ( termasuk ekonomi global saat ini ). Tetapi banyak proses-proses teknologi juga menghasilkan peoduk yang tidak diingikan atau mengakibatkan sesuatu hal, contonya polusi, dan menguras sumber daya alam, dengan merusak bumi dan lingkungannya. Berbagai implementasi teknologi mempengaruhi nilai-nilai masyarakat dan teknologi baru sering menimbulkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Contohnya meliputi munculnya gagasan tentang efisiensi dalam hal produktivitas manusia, istilah yang awalnya hanya berlaku bagi mesin, dan tantangan dari norna-norma tradisional.
1.      Teknologi sebagai barang buatan manusia
Pengertian teknologi yang tertua, sangat sederhana, dan paling umum dikenal orang ialah sebagai barang buatan dari manusia. Mengapa manusia sejak zaman yang amat kuno perlu membikin berbagai barang buatan seperti kapak, palu, perahu, dan kereta? Jawabanya paling masuk akal adalah karena manusia merupakan suatu makhluk yang amat sangat rapuh jasmaninya.
Menurut lord Ritchie-Calder, dari masa yang tertua dan mulai dengan alat-alat yang paling sederhana, seperti penemuan dan pencitaan berdasarkan pada kenyataan bahwa manusia bukan hanya suatu makhluk perceptual melainkan juga suatu makhluk konseptual yang mampu mengamati, mengingat, dan mengajarkan gambaran angan-angan.
Menurut sejarahnya, ada dua titik waktu yang sangat penting dalam perkembangan teknologi menurut A.Gehlen ( Man in the Age of Technology ) yaitu:
·         Revolusi neolitik yaitu mulai titik waktu ini manusia beralih dari hidup mengembara dan berburu ke keadaan hidup menetap dengan mengembangkan pertanian dan pemeliharaan hewan
·         Revolusi industry yaitu berkembangnya kebudayaan mesin yang memenuhi kebutuhan manusia dan mengubah tatanan kehidupanya.
Teknologi sebagai barang buatan manusia memiliki tiga ragam dasar yang sekaligus menunjukkan perkembangan hustori yang berlainan. Hal ini adalah pendapat dari seorang ahli yaitu Ladislav Tondl. Ragam dasar itu adalah:
·         Alat
Suatu benda yang bergerak semata-mata berdasarkan tenaga dari oyot manusia. Pada umumnya manusialah yang membimbing dan mengendalikan alat-alat, dengan demikian manusia jugalah yang menjadi sumber informasi.

·         Mesin
Sesuatu system peralatan yang tidak menggunakan tenaga manusia, melainkan sumber-sumber tenaga dari luar manusia, tetapi masih tetap memerlukan manusia untuk membimbing dan mengendalikannya.
·         Automaton
Perlengkapan teknologi yang paling tinggi ragamnya dan paling canggih.

2.      Teknologi sebagai kegiatan manusia
Pengertian teknologi sebagai barang buatan kurang lengkap dan terlampau sempit. Barang buatan hanyalah suatu hasil akhir dari sebuah proses atau rangkaian kegiatan yang telah berlangsung sebelumnya. Oleh karena itu, pembahasan tentang pengertian teknologi harus menjelaskan kegiatan apa atau bagaimana yang telah terjadi sehingga menghasilkan berbagai barangbuatan dari manusia itu.
Kegiatan manusia yang termasuk pengertian teknologi pada pokoknya dapat dibedakan dua jenis, yaitu membuat dan menggunakan. Membuat adalah kegiatan merencana atau menciptakan sesuatu barang buatan, sedangkan menggunakan adalah melakukan sesuatu kegiatan sesuai dengan fungsi suatu barang buatan yangb telah dibuat. Sebagai contoh misalnya pembuatan perahu pada zaman dulu orang harus terlebih dahulu membuat kapak, palu, gergaji, dan alat pengukur. Kemudian barulah orang membuat perahu dengan menggunakan alat-alat itu. Jadi, dalam pembuatan suatu perahu yang senyatanya dilakukan dua jenis kegiatan membuat dan menggunakan. Dalam zaman sekarang kegiatan menggunakan berbagai peralatan, mesin, dan perlengkapan lainnya dalam pabrik untuk memproduksi (membuat) sesuatu barang buatan tanpak lebih menonjol. Kedua kegiatan membuat dan kegiatan menggunakan itu sebagai teknologi harus dibedakan.


3.      Teknologi sebagai kumpulan pengetahuan
Analisis yang lebih mendalam lagi terhadap teknologi sebagai kegiatan manusia yang secara sistematis langkah demi langkah dilakukan untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu secara efisien sampai pada factor pengetahuan yang mendasari kegiatan itu pengetahuan ini harus dipelajari oleh manusia baik dari pengalaman sendiri maupun dari sumber-sumber lain untuk dapat melakukan kegiatan yang merupakan teknologi.
Seorang ahli Tom Burns mengartikan teknologi sebagai kumpulan ilmu pengetahuan , tetapi pengetahuan itu dibedakan menjadi dua kelompok, yakni pengetahuan yang masih terdapat pada bangsa yang terbelakang atau kurun masa sebelumnya industrialisasi zaman modern dan pengetahuan yang telah bersangkut paut dengan mesyarakat-masyarakat industry. Atau dapat dikatakan, pengertia teknologi sebagai kumpulan pengetahuan dapat di bedakan menjadi dua macam, yaitu pengetahuan yang masih bersifat tradisional sebelum terjadinya industrialisasi dan pengetahuan yang telah bercorak modern dalam masyarakat industry untuk produksi berbagai barang.

D.    PERANAN TEKNOLOGI BAGI MANUSIA
Kemanjuan teknologi hendaknya berdampak positif bagi kehidupan manusia, teknologi hendaknya bisa membawa manusiapada kemajuan dan pola piker yang berbeda. Dengan adanya teknologi manusia menjadi mudah untuk melakukan aktifitasnys dikantor dirumah dan dimanapun berada,berbagai macam teknologi yang berkembang saat ini telah membantu memudahkan manusia jika dahulu orang menyampaikan pesan menggunakan surat, maka untuk sekarangkita sudah bisa menyampaikan pesandengan sangat cepat yakni menggunakansms atau lewat telepon dengan jangkauan yang sangat luas sampai belahan dunia. Bukan hanya itu teknologi jugamemudahkan kita dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi khususnya internet,dijaman yang sudah maju ini internet sudah menjadi kebutuhanmanusia, disamping sebagai sarana komunikasi internet juga menjdi lading bisnis bagi para marketing. Internet digunakan untuk berdagang dan mencari uang tanpa kita harus berkeliling kampong, tanpa harus kekota dll. Kita cuma membutuhkan modem dan perangkat computer yang terhubung ke internet maka kita sudah bisa memasarkan produk kita. Selain itu kita juga bisa berkomunikasisecara langsung dengan berhadap-hadapan dengan menggunakan kamera. sehingga seolah-olah kita bertemu langsung dengan lawan bicara kita.
Selain dampak positif ternyata teknologi juga bisa berdampak negative terutama bagi mereka yang tidak bertanggung jawab, beragam penipuan dan pornografi begitu cepat menyebar di internet
Maka dari itu pergunakan teknologi untuk hal-hal yang bersifat positif jangan  digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan hukummaupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.

E.     HUBUNGAN MANUSIA SOSIAL DENGAN TEKNOLOGI
Manusia pada dasarnya adalah mahkluk social, yakni mahkluk yang tidak bisa hidup sendirian. Dimanapun dan kapanpun, setiap individu pasti akan berinteraksi satu dengan yang lainnya karena mereka saling membutuhkan. Dimensi manusia sebagai mahkluk social ini, tidak hanya sebatas interaksi-interaksi singkat melainkan setiap manusia bisa dipastikan membutuhkan adanya kedekatan personal entah itu kepada orang tua, sahabat, anggota keluarga, atau siapapun yang meraka percayai.
Namun di jaman sekarang ini telah berubah dan telah mengalami perkembangan pesat terutama dalam bidang teknologi. Peralatan-peralatan yang canggih mulai berhasih diciptakan. Mulai dari sekedar konsep telepon genggam yang awalnya sangat besar hingga telepon genggam yang memiliki fitur maksimal. Belum lagi ditambah dengan pengembangan robot yang merajalela hingga sekarang.
Di tengah zaman yang semakin berkembang ini, ada satu pertanyan mendasar yang ditujukan untuk mengetahui hubungan antara manusia dengan perkembangan teknologi itu sendiri, yaklni : apakah teknologi yang ada sekarang bersifat menjajah atau membantu manusia?
Memang pada dasarnya , teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Telepon genggam misalnya diciptakan untuk mempermudah komunikasi antara manusia meskipun harus berpisah secara jarak. Komputer dan perangkat-perangkat elektronik lainnya diciptakan untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan adminitratif yang selanjutnya juga menjadi pembantu dalam kegiatan disain dan lain sebagainya. Robotpun diciptakan untuk membantu manusia menjalankan tugas-tugas yang hamper tidak mungkin dilakukan oleh manusia.
Namun, sayangnya teknologi sekarang ini cenderung lebih digunakan untuk membuat manusia terisolir dari hakekatnya sebagai manusia. Manusia yang demikian tadi seperti terjajah oleh teknologi hanya saja manusia tidak menyadarinya. Jika hal terus berlanjut maka hakekat manusia sebagai makhluk social akan rusak dan manusia sebagai makhluk social yang seharusnya berinteraksi satu dengan ynag lainnya akan dipersempit menjadi hanya sebatas bertemu, menyapa,dan lain-lain
Memang benar kata orang yang mengatakan bahwa teknologi itu mampu untuk mendekatkan yang jauh. Namun ada implikasi lainnya juga yakni juga sekaligus menjahukan yang dekat. Beberapa kali penulis sering melihat ketika orang-orang sekarang berkumpul, Nampak sangat jarang ada pembicaraan diantara mereka. Yang jelas nampak mereka semua sibuk dengan hp mereka masing-masing seolah-olah memang mereka tidak sedang berkumpul dengan orang lain.
Bukan hanya berhenti pada perangkat komunikasi saja. Implikasi dari kecanggihan teknologi ini dapat juga terlihat pada penggunanan robot-robot yang semakin hari semakin canggih. Bukannya barsikap paranoid terhadap keberadaan robot, namun apakah bukan sesuatu hal yang mungkin jika kemudian disuatu abad nanti robot akan menggantikan posisi manusia bahkan untuk menggerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya sepele dan sebenarnya lebih membutuhkan sisi afektif daripada hanya sekedar normatif menolong.
Bukan tidak mungkin ada suatu zaman di depan dimana manusia telah kehilangan kodratnya sebagai makhluk social akibat dari teknologi yang tadina diciptakan untuk mempererat hubungan antara manusia tersebut. Dalam hal ini  manusia telah kehilangan jati dirinya sebagai makhluk social dan oleh karena itu mereka sedang terjajah oleh produk buatanya sendiri. Yang bisa menghidari hal ini terjadi adalah manusia itu sendiri. Teknologi boleh saja terus berkembang asal pemanfaatnya memang ditujukan untuk hal yang tepat, untuk hal-hal yang memang membutuhkan teknologi. Akan lebih baik juga jika manusia zaman sekarang juga mulai memperhatikan kondisi social disekitarnya.
Manusia dari dulu hingga kedepan tetaplah  makhluk social yang saling membutuhkan. Bisa dabayangkan apa jadinya dunia dengan manusia yang individualis, hanya berkutat pada perangkt teknologinya maisng-masing dan seolah-olah berinteraksi padahal tidak nyata? Nampaknya dunia ini akan terasa tidak ramah. Hal itu terjadi ketika penjajahan teknologi atas manusia sudah terlaksana.  








BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari uraian makalah yang kami buat, dapat disimpulkan bahwa alasan manusia dikatakan sebagai makhluk social karena:
a.       Ada dorongan untuk berinteraksi
b.      Manusia tunduk pada aturan, norma sosial
c.       Perilaku manusia mengharapkan suatu penilain dari orang lain
d.      Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
e.       Potensi manusia akan berkembang bila dia hidup ditengah-tengah manusia
Manusia pada hakekatnya adalah mahkluk sosial, yakni mahkluk yang tidak bisa hidup sendirian. Dimanapun dan kapanpun, setiap individu pasti akan berinteraksi satu dengan yang lainnya karena mereka saling membutuhkan. Dimensi manusia sebagai mahkluk sosial ini, tidak hanya sebatas interaksi-interaksi singkat melainkan setiap manusia bisa dipastikan membutuhkan adanya kedekatan personal entah itu kepada orang tua, sahabat, anggota keluarga, atau siapapun yang meraka percayai.
Namun di jaman sekarang ini telah berubah dan telah mengalami perkembangan pesat terutama dalam bidang teknologi. Peralatan-peralatan yang canggih mulai berhasih diciptakan. Mulai dari sekedar konsep telepon genggam yang awalnya sangat besar hingga telepon genggam yang memiliki fitur maksimal. Belum lagi ditambah dengan pengembangan robot yang merajalela hingga sekarang.
Manusia dari dulu hingga kedepan tetaplah  makhluk social yang saling membutuhkan. Bisa dibayangkan apa jadinya dunia dengan manusia yang individualis, hanya berkutat pada perangkat teknologinya masing-masing dan seolah-olah berinteraksi padahal tidak nyata? Nampaknya dunia ini akan terasa tidak ramah. Hal itu terjadi ketika penjajahan teknologi atas manusia sudah terlaksana.  

B.     Saran
Dengan semakin berkembangnya teknologi yang semakin hari semakin merajalela jangan kita lupa akan kodrat kita sebagai makhluk sosial. Maka dari itu pergunakanlah teknologi untuk hal-hal yang bersifat positif jangan digunakan untuk hal-hal yang bertentangan dengan hokum maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Dengan terselesaikannya makalah ini, semoga dapat dimanfaatkan dan dapat dijadikan sumber pengetahuan baru oleh semua pihak. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalan menyusun makalah ini karena keterbatasan materi yang kami miliki. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan agar kami bisa menjadi lebih baik dalam menyusun makalah.









DAFTAR PUSTAKA



Effendi, Ridwan. (2007).Paduan Kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial,                               Budaya, dan Teknologi. Bandung: CV. Maulana Media Grafika

Wrahatnala, Bondet. (2009). Sosiologi 1 Untuk SMA dan MA Kelas x. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,h.101-112

Mpith. (2011) Manusia Sebagai Makhluk Sosial.[online].

Sofa, Pakde. (2008). Bidang Kajian Sosiologi dan Interaksi Sosial.[online]. Tersedia: http://massofa.wordpress.com/2008/02/06/bidang-kajian-sosiologi-dan-interaksi-sosial/. [02 Maret 2011]

Sunny. (2009) Interaksi Sosial.[online].

Prasetya Nicholaus. (2010). Ketika Teknologi Menjajah Manusia.[online]. Tersedia: http://nicholausprasetya.wordpress.com/2010/06/08/ketika-teknologi-menjajah-manusia/. [08 Juni 2010]

1 komentar:

  1. The rules of Baccarat are: It's the final game - FEBCASINO
    Baccarat is the final game of the card game. So, 메리트 카지노 주소 with four cards, you're playing with 바카라 two. The number of cards in the 카지노사이트 deck is set by one.

    BalasHapus